Senin, 22 Maret 2010

Peluang Usaha Bandeng/Ayam/Bebek Presto

ms_presto

Peluang bisnis bagi Anda untuk produk makanan seperti bandeng presto, ikan presto, ayam tulang lunak, dan bebek presto. Mesin Presto bisa juga digunakan sebagai Autoclave untuk sterilisasi alat-alat laboratorium.

Presto Industry (Pressure Cooker) adalah panci bertekanan yang dilengkapi dengan penunjuk suhu dan tekanan. Berbeda dengan panci masak biasa, panci presto mempunyai tutup sangat rapat. Pada saat memasak menggunakan presto industry , uap air terkumpul dalam panci tidak bisa keluar, sehingga timbul tekanan. Besarnya tekanan bisa dibaca pada penunjuk tekanan.

Kelebihan memasak menggunakan presto industry adalah bahan yang kita masak bisa lebih cepat empuk dalam waktu yang singkat, sehingga lebih hemat energi. Selain itu dengan tekanan & suhu tertentu, bisa melunakkan duri ikan & tulang ayam.

Pada umumnya produk yang biasa diproduksi dengan bantuan presto adalah Bandeng duri lunak & ayam tulang lunak. Selain bandeng & ayam, bisa juga ikan & unggas jenis lain. Untuk edisi ini akan kita ulas cara pembuatan ayam tulang lunak.

ayampresto

A. Resep Ayam Tulang Lunak

1.Untuk membuat ayam tulang lunak sebaiknya memakai ayam kampung muda atau bisa juga memakai ayam pejantan dengan ukuran berat antara 7-8 ons. Bisa dimasak utuh, bisa juga dalam bentuk potongan.

2. Bumbu labur ayam goreng tulang lunak ( untuk 5 ekor ayam kampung):

Garam 4 sdm

Bawang Putih 10 siung

Ketumbar 2 sdm

Kemiri 10 butir

Bumbu masak ½ sdt

Kunyit 3 ruas jari

Lengkuas 2 ruas jari

Jahe 1 ruas jari

Bumbu bumbu ini dihaluskan, kemudian di balurkan keayam sampai merata.

3. Ayam yang sudah di lumuri dengan bumbu di susun dalam loyang presto. Jangan ditumpuk, supaya bentuknya tetap bagus.

4. Siapkan Presto Industry, beri air 1.5 liter air. tambahkan: 2 batang Sereh & 3 lembar Daun Jeruk purut untuk penyedap.

5. Susun Loyang presto yang sudah berisi ayam, antara loyang yang satu dengan loyang yang lainnya dibatasi dengan bambu.

6. Setelah loyang tersusun, tutup panci presto, kunci & keraskan tutupnya
sampai rapat.

7. Masak dengan api besar sampai Tulang Ayam Lunak.

8. Setelah Tulangnya Lunak. Api dimatikan & katup uap dibuka
sampai uapnya habis.

B. Ayam Tulang Lunak Siap di Goreng.

Untuk menjual ayam tulang lunak, biasanya ayam yang sudah dipresto digoreng dulu sebelum disajikan. Sebelum digoreng, dicelupkan dulu pada kocokan telur + sedikit garam. Tujuannya agar ayam kelihatan lebih segar & rasanya lebih gurih. Goreng dengan minyak panas, jangan terlalu kering menggorengnya, karena ayam ini sudah matang.

C. Tips menggunakan Presto Industri untuk Membuat Ayam Tulang Lunak/Ayam Presto

1. Untuk memproduksi ayam tulang lunak yang hasilnya maksimal, perlu memilih presto industry yang terbuat dari stainless steel tebal & kuat, karena kita memerlukan tekanan yang besar, agar tulang ayam bisa lunak. Presto industry yang bagus dilengkapi dengan pengaman, jadi apabila tekanan presto melebihi dari yang ditentukan otomatis pengaman akan terbuka & uap air yang berlebihan bisa keluar secara otomatis. Presto yang tidak dilengkapi dengan pengaman sangat berbahaya, karena resikonya bisa meledak.

2. Pada saat Pemasangan tutup presto, pastikan karet presto sudah tepasang rapi & benar pada tempatnya. Pemasangan karet presto yang salah akan mengakibatkan presto tidak rapat & uap air akan keluar/ngobos sehingga tekanan yang kita harapkan tidak tercapai.

3. Karet presto yang sudah dipakai berulang ulang bisa rusak & tidak elastis lagi. Sehingga proses tidak sempurna. Untuk itu secara berkala kita harus mengganti karet presto yang telah mati.

4. Pada Saat memasak memakai Presto Industry, api yang digunakan harus besar. Sehingga tekanan presto yang kita harapkan bisa cepat tercapai. Sehingga Hasil ayam tulang lunak bisa bagus.

5. Pada saat membuka katup uap untuk menurunkan tekanan, uap dikeluarkan secara perlahan lahan, apabila terlalu cepat akan menyebabkan Ayam menjadi hancur.

D. Tips Usaha Bebek Presto

Dari sudut pandang saya sebagai penyuka makanan bebek , beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha bebek presto ini antara lain :

1. Pemilihan lokasi, lokasi dan lokasi

Lokasi rumah makan yang baik adalah yang memiliki parkir yang memadai sehingga mobil dan motor dengan leluasa dan aman bisa parkir. Atau jika halamannya tidak luas, minimal jalannya lebar, sehingga mudah bagi kendaraan untuk parkir. Kendaraan adalah barang berharga, sehingga jika parkir kurang nyaman dan aman, pelanggan Anda tidak akan tenang saat makan.

2. Menu Andalan

Di bisnis makanan, Anda sebaknya memiliki menu andalan misal bebek/ayam bakar presto, bebek/ayam goreng presto serta sambal yang pedas. Kalau usaha bebek presto, bebek prestonya bisa Anda jadikan menu andalan menjadi merek bagi usaha Anda misal bebek/ayam presto "setan" karena pedasnya

3. Penataan Ruang

Berkenaan dengan penataan ruang, hal ini tergantung siapa target pasar Anda. Kalau calon konsumen Anda adalah menengah ke atas, perhatikan faktor privacy. Misalnya penataan meja kursi jangan terlalu berdekatan antar pelangan. Hal ini tentu beda dengan jika pelanggan Anda adalah mahasiswa.

Suasana ruangan bisa diatur sesuai dengan selera Anda, yang penting menyenangkan bagi pelanggan. Anda juga bisa mendesain ruang dengan ciri khas tertentu, dengan tidak meninggalkan nuansa rumah makan toh saat ini selain makan ... konsumen juga perlu menikmati kenyaman ruang... alunan musik ... dan jika memungkinkan pisahkan antara ruang merokok dan tidak.

4. Harga

Penentuan harga biasanya tergantung banyak hal seperti lokasi Anda dimana (kali lima atau restoran besar), banyaknya tiap porsi, dan tentu saja harga kebutuhan bahan pokok masakan tersebut. Sebagai pertimbangan, harga bebek presto yang dijual di kali lima Rp 10.000 / porsi. Kalau di restoran saya perkirakan Rp 20.000 - 30.000

Jangan lupa, cantumkan harga di daftar menu Anda yang jelas dan menarik.

5. Kebersihan

Kebersihan kunci sukses usaha makanan. Kebersihan ini meliputi ruangan, perabotan dan tentu saja makanan. Sekali konsumen Anda menemukan sesuatu yang jorok, jangan berharap dia akan kembali. Dan yang pasti ia akan menceritakan hal tersebut kepada orang lain. Inilah pentingnya kontrol kualitas, terlebih jika usaha Anda sudah besar
6. Pelayanan

Sebagaimana bisnis yang lain, pelayanan yang baik harus Anda berikan. Jangan biarkan konsumen menunggu lama. Mereka yang datang ke restoran dalam kondisi lapar. Jangan biarkan mereka semakin tersiksa dengan lamanya pelayanan Anda.

Nah untuk memenuhi kebutuhan anda akan mesi presto kami menyediakannya dengan harga :

Presto-5kg = Rp. 3.250.000,-
Presto-10kg = Rp. 3.750.000,-
Presto-20kg = Rp. 4.750.000,-
Presto-30kg = Rp. 6.250.000,-
Presto-40kg = Rp. 8.750.000,-
Presto-50kg = Rp. 9.250.000-

Semoga Bermanfaat

Samudra Wibowo

081519220879

1 komentar:

Pengikut